LAPORAN
NYANTRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ANTARA
TEORI DAN PRAKTEK
Disusun untuk melengkapi tugas-tugas dan memenuhi
syarat-syarat guna menempuh tugas Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ( Nyantri )
Oleh :
HATTA UTAWAN
( 180110019 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS
HAMZANWADI
2019
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarkatuh...
Bismillahirrohmanirrohim...
Segala
puji dan syukur kita haturkan kepada Allah swt., yang telah memeberikan
kesehatan bagi kita semua sehingga kita bisa menyelesaikan tugas laporan Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
dimana mata kuliah ini adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh semua
Program Studi Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Hamzanwadi
mulai awal semester 2 sebagai syarat ketentuan kelulusan di Mata kuliah Belajar
dan Pembelajaran ( kegiatan Nyatri )
tersebut.
Belajar dan Pembelajaran ini dilaksanakan
dengan teknik wawancara, yang diambil sebagai narasumbernya adalah
mahasiswa Universitas Hamzanwadi,
Program Study Ekonomi semester 4 hingga semester 9 sebagai sampel kami. Kegiatan
ini dimulai pada awal perkuliahan hingga selesai sampai akhir perkuliahan.
Kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat
serta salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad Saw., yang telah membawa
umat manusia kejalah yang benar, sehingga kita bisa merasakan dan mengenyam
agama yang hakiki dan aqidah serta akhlak yang terpuji.
Melalui kegiatan Nyatri ini kita bisa
mengetahui sejauh mana pengimplementasian dan pengetahui mahasiswa terhadap
teori belajar dan pembelajaran ini, hingga dosen pula kita tau sejauh mana
mereka menerapkan teori belajar dan pembelajaran didalam proses perkuliahan
berlangsung didalam kelas.
Dalam
penyelsaian penyusunan laporan hasil wawancar ini di Universitas Hamzanwadi,
Program Studi Ekonomi, tidak lepas dari bantuan dari berbagai pihak, pada
kesempatan ini kami menyapaikan ucapan terimkasih kepada :
1. Bapak
Dr. Fahrurrozi, S.E., M.M selaku dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi
Universitas Hamzanwadi.
2. Bapak Drs. Agus Riswanto, M.Pd selaku Dosen
Pengampu Mata Kuliah Belajar dan Pembeajaran ( Kegiatan Nyantri ) di Semerter
2.
3. Nama mahasiswa selaku narasumber smester 6
4. Nama mahasiswa selaku narasumber smester 4
5. Nama mahasiswa selaku narasumber smester 4
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan
wawancara nyantri ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu sangat diharpakan
kritik dan saran yang sipatnya membangun untuk menyerpurnakan laporan ini.
Wassalamualakum
wrahmatullahi wabrkatuh
DAFTAR
ISI
Daftar
halaman
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam dunia era digital 4.0 sekarang
ini dibutuhkan sekali manusia-manusia
yang tangguh, yang memiliki kemampuan untuk bersaing. Manusia-manusia seperti
ini dilahirkan dari orang-orang yang bermotivasi tinggi. Kesulitan yang dihadapi
oleh bangsa Indonesia adalah bagaimana akan mencetak manusia-manusia yang
bermotivasi tinggi bila sebagian besar pusat pendidikan di Indonesia
menggunakan gaya belajar yang mengikat peserta didik, dengan menyajikan
informasi-informasi final yang seolah-olah sudah tidak dapat diubah lagi, peserta
didik hanya menghafal informasi-informasi yang diberikan.
Tidak sering sekali pendidikan Indonesia
sekarang ini ada yang menguasai bagaiaman teori-teori Belajar dan Pembelajaran
yang harus di kusai, sehingga dapat mengajar dengan baik sesoi kemampuan masing-masing.
Sistem pembelajaran diruang kelas
seringkali membuat peserta didik merasa jemu dan bosan, pada saat akan
menghadapi ujian peserta didik akan merasa tertekan, tegang, bahkan menjadi
lupa terhadap apa yang telah mereka pelajari. Tolak ukur tingkat keberhasilan
peserta didik biasanya bagaimana seorang peserta didik itu mendapatkan nilai
yang baik. Padahal sesusungguhnya yang dibutuhkan adalah kesadaran akan
pentingnya belajar itu sendiri. Kesadaran belajar inilah yang akan menciptakan
efektifitas belajar yang maksimal.
Begitu pula yang terjadi dalam proses
pembelajaran di pergurun tinggi. Terkadang peserta didik tidak siap untuk
belajar sehingga efektifitas pembelajaran tidak tercapai. Evektifitas belajar
sangat ditentukan oleh lingkungan belajar yang dibangun dalam suatu proses
pembelajaran, dimana lingkungan sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang berada
dalam lingkungan belajar itu sendiri, dalam hal ini peserta didik. Kesadaran
akan belajar harus dimulai dari kesiapan otak untuk memulai belajar dari
mahasiswa tersendiri.
Belajar akan terjadi bila otak siap
untuk belajar. Semua tindakan belajar dipengaruhi oleh otak. Bila kondisi otak
tidak siap untuk belajar, maka proses belajar tidak akan terjadi. Oleh sebab
itu teori mengenai kemampuan otak menjadi sangat popular di masa sekarang. Oleh
sebab itulah melalaui wawancara nyantri ini menkaji bagaimana teori-teori
Belajar dan Pembelajaran yang dilaksanakan di
Program Study Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas
Hamzanwadi di Tahun 2019 ini sudah terlaksanakan atau belum.
Berdasarkan latar belakang di atas kita dapat
mengindentifikasi permasalahan sebagai berikut :
1.
Mahasiswa
tidak dapat berfocus dalam belajar
2.
Kesiapan
siswa dan mahasiswa masih kurang dalam kemampuan otak
3.
Keterlalaian
seorang pendidik dalam memngajarkan teori belajar dan pembelajaran secara maksimal
4.
Belajar
yang tidak efektif dalam poses pembelajaran
Laporan Nyantri ini difocuskan pada
Teori Belajar dan Pembelajaran Mahasiswa semester 4, 6 dan 8 yang sudah
menempuh Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Program Study Ekonimi,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi.
Berdasarkan
latar belakang di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam laporan nyantri ini
adalah bagaimana pemahanam
mahasiswa atau pengeksplorasian
konsep dalam teori-teori belajar
dan pemebelajaran sebagai berikut :
1.
Aapkah yang anda ketahui tentang teori Konsep
Belajar ?
2.
Apakah
yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil
belajar ?
3.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
Motivasi belajar ?
4.
Apakah yang anda ketahui tentang teori Teori
belajar Behaviorisme ?
5.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
teori belajar konstruktivisme ?
6.
Apakah yang anda ketahui tentang teori teori
belajar kognitivisme ?
7.
Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar humanisme ?
8.
Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep
dasar pembelajaran ?
9.
Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen
pembelajaran ?
10.
Apakah yang anda ketahui tentang model
pembelajaran ?
11.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
pembelajaran kontekstual ?
Berdasarkan
rumusan masalah, laporan ini memiliki tujuan, sebagai berikut :
1.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori Konsep Belajar
2.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar
3.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori Motivasi belajar
4.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori belajar Behaviorisme
5.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori belajar konstruktivjsme
6.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori belajar kognitivisme
7.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori belajar humanisme
8.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori konsep dasar pembelajaran
9.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori komponen-komponen pembelajaran
10.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori model pembelajaran
11.
Mengetahui bagaimana pemahaman tentang
teori pembelajaran kontekstual
Sedangkan
manfaat yang dapat diambil dari hasil wawancara ini adalah:
1. Laoran
nyantri ini diharapkan dapat
mengembangkan kemampuan dalam pemahaman teori belajar dan pembelajaran bagi mahasiswa
semester IV,VI, dan VIII Program Studi
Ekonomi
2. Penerapan
teori belajar dan pembelajran bagi mahasiswa semester IV,VI, dan VII untuk diharapkan dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa.
3. Dapat
menjadi masukan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
Nama : Baiq. Nada
Iispriyani
Status : Mahasiswa
Prodi : Pndidikan Ekonomi
Smester : VI ( B )
NPM :16360062
Alamat
: Jenggik, Kecamatan Terara
Berdasarkan
Rumusan masalah, terdapat jawaban Narasumber, sebagai hasil dari wawancara, sebagai berikut :
1. Aapakah
yang anda ketahui tentang teori Konsep Belajar ?
Jawaban :
Konsep belajar adalah
suatu proses perubahan kernampuan yang dicapai seseorang rnelalui aktivitas.
Bisa dikatakan belajar adalah suatu perubahan perilaku yang bersifat perrnanen
sebagai hasil dari pengalaman, rnisalnya mengarnati membaca rneniru mencoba sesuatu
dsb
2. Apakah
yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil
belajar ?
Jawaban :
Ada
beberapa faktor :
1) Faktor
internal atau faktor dari dalarn diri siswa, yakni keadaan jasrnni dan rohani siswa.
Maksudnya yaitu aspek fisiologis seperti ( jasmani, mata, dan telinga ) dan
aspek psikologis
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
2) Faktor
eksternal atau faktor dari luar siswa, yaitu kondisi lingkungan disekitar
siswa. Yaitu seperti lingkungan sosial ( keluarga, guru, masyarakat, dan ternan
) dan lingkungan non sosial ( rurnah, sekolah, dan alarn ).
3) Faktor
pendekatan belajar, yakni jenis upaya siswa yang rneliputi startegi dan metode
yang digunakan siswa untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran rnateri-materi
pelajaran.
3. Apakah
yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
Jawaban :
Motivasi belajar adalah
pendorong untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran yang berasal dan dalarn diri
siswa rnaupun dari luar individu siswa ( guru, keluarga ) yng bertujuan
rnembangkitkan
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
4. Apakah
yang anda ketahui tentang teori Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban :
Teori
belajar behaviorisrne adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku
sebagai hasil dan pengalaman. Behaviorisme didasarkan pada perubahan tingkah
laku yang dapat diarnati. Yang dirnana aliran ini berusaha mencoba rnenerangkan
dalam pernbelajaran bagaimana ingkungan berpengaruh terhadap perubahan tingkah
laku.
5. Apakah
yang anda ketahui tentang teori teori belajar konstruktivisme ?
Jawaban :
Teori
belajar kontruktivisme adalah proses untuk rnembangun pengetahuan melalui
pengalaman nyata dari lapangan. Artinya siswa
akan cepat rnerniliki pengetahuan jika pengetahuan itu dibangun atas dasar
realitas yang ada di rnasyarakat.
6. Apakah
yang anda ketahui tentang teori teori belajar kognitivisme ?
Jawaban :
Teori belajar
kognitivisrne adalah teori belajar yang lebih rnernentingkan proses belajar itu
sendiri. Belajar tidak hanya rnelibatkan stirnulus dan respon, lebih dan itu
belajar rnelibatkan proses berfikir yg sangat kompleks.
7. Apakah
yang anda ketahui tentang teori teori
belajar humanisme ?
Jawaban :
Teori belajar
hurnanisme adalah proses belajar yang dirnulai dan ditujukan untuk kepentingan
mernanusiakan rnanusia itu sendiri. Teori mi sifatnya lebih abstrak dan
berkaitan dengan teori kepribadian dan 7``psikoterapi. Dalam teori mi proses
belajar harus berhulu dan bermuara pada manusia itu sndiri. Teori mi juga
berpendapat bahwa teori belajar
manapun dapat dimanfaatkan asalkan tujuan nya yaitu untuk mernanusiakan manusia.
manapun dapat dimanfaatkan asalkan tujuan nya yaitu untuk mernanusiakan manusia.
8. Apakah
yang anda ketahui tentang teori konsep dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep dasar
pernbelajaran adalah sesuatu yg berhubungan dengan teori, sedangkan teori akan
berkaitan dengan sesuatu hal yang dipandang secara ilmiah. Jika teori berhubungan
degan konsep maka uraian tentang konsep dasar pembelajaran akan tertuju pada
landasan ilrniah pembelajaran.
9. Apakah
yang anda ketahui tentang komponen-komponen pembelajaran ?
Jawaban :
Kornponen-komponen
pembelajaran yaitu:
1) Tujuan
pembelajaran
2) Pendidik
3) Peserta
didik
4) Kurikulurn
atau materi
5) Startegi
atau metode
6) Media
atau alat pembelajaran
7) Evaluasi
10. Apakah
yang anda ketahui tentang model pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah
seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang
dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan
yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar
mengajar.
11. Apakah
yang anda ketahui tentang teori pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Teori Kontekstual adalah
suatu konsep belajar yg membantu guru mengaitkan antara materi yg diajarkannya
dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yg dim ilikinya dengan penerapan yg dilakukan mreka sehari-hari.
Nama : HASTI
NPM
: 170110012
Sataus
: Mahasiswa
Semester
: IV
Prodi
: Pendidikan Ekonomi
Alamat
:
Flores
Berdasarkan Rumusan masalah, terdapat jawaban
Narasumber, sebagai hasil dari
wawancara, sebagai berikut :
1.
Aapkah yang anda ketahui tentang teori Konsep
Belajar ?
Jawaban
:
konsep belajar teori belajar adalah suatu teori yang
di dalamnya terdapat cara-cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara
guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan di laksanakan di kelas
maupun di luar kelas.
2.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
Jawaban
:
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil
belajar, sebagai beikut :
1) Faktor
lingkungan dan tempat tinggal
2) Keadaan
jasmani (kondisis fisikologis) kondisi fisikologis anak sangat berpengaruh
terhadap kemampuan belajar seseorang
3) Keadaan
mental
4) Minat
5) Motivasi
6) Kemampuan
kognitif
3. Apakah
yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
Jawaban
:
Motivasi belajar adalah suatu yang mendorong siswa
untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang di ikutinya agar
tujuan yang dikehendaki itu bisa tercapal, motivasi itu ada 2, sebagai berikut :
1) Motivasi
instrinsik, motivasi yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan
rangsangan dan luar karena dalam dirinya individu sudah ada dorongan untuk
melakukan sesuatu.
2) Motivasi
ekstrinsik, adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya
rangsangan dan luar.
4.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban
:
Teori belajar
behaviorisme adalah teori perkembangan perilaku yang dapat di ukur, diamati,
dan dihasilkan oleh respon belajar terhadap rangsangan dan penerapannya ke
dalam belajar dan pembelajaran adalah pendidik memberikan stimulus kepada
peserta didik, agar peserta didik memberikan respon yang di harapkan oleh
pendidik, dlln.
5.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
teori belajar konstruktivisme ?
Jawaban
:
Teori belajar konstruktivisme adalah ide bahwa siawa
harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi
lain, dan apabila dikehendaki, informasi iti menjadi milik mereka sendiri.
dalam proses pembelajaran, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan
aktif dalam proses belajar dan mengajar.
6.
Apakah yang anda ketahui tentang teori teori
belajar kognitivisme ?
Jawaban
:
Teori kognitivisme adalah teori yang lebih
mementingkan proses belajar dan pada hasil belajar itu sendiri.
Penerapannya
:
1) Memusatkan
perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak, tidak sekedar pada hasilnya.
2) Mengutamakan
peran siswa dalam berinteraksi sendiri dan keterlibatan aktif dalam belajar.
3) memaklumi
akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan.
4) Mengutamakan
peran siswa untuk saling berinteraksi, bertukar ide untuk perkembangan pebalarjaran.
7.
Apakah yang anda ketahui tentang
teori teori belajar humanisme ?
Jawaban :
Teori humanisme adalah suatu teori dalam
pembelajaran yang mengedepankan bagaimana memanusiakan manusia serta peserta
didik mampu mengedepankan potensi dirinya.
Penarapannya
:
1) mendorong
peserta didik untuk mengembangkan kesanggupam peserta didik untuk belajar atas
inisiatif sendiri
2) Mendorong
peserta didik untuk peka berpikir kritis
3) Memberikan
kesempatan murid untuk maju sesuai dengan kecerdasanny
8.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
konsep dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep pembelajaran upaya untuk
mempelajarkan seseorang atau kelompom orang melalui berbagai upaya dan berbagai
starategi, metode, pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah
direncanakan.
9.
Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen
pembelajaran ?
Jawaban
:
Komponen
- komponen pembelajaran
1) Tujuan
pembelajaran
2) Pendidik
3) Peserta
didik
4) Kurikulum
5) Materi
6) Strategi
atau metode
7) Media
atau alat pembelajaran
8) Evaluasi
10.
Apakah yang anda ketahui tentang model
pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah
seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang
dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan
yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar
mengajar.
11.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Pembelajaran kontekstual adalah konsep
belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan – nya dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka
sehari-hari yang berkaitan, dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya,
dan budayanya.
Nama : IIN DRIANI
Status : Mahasiswa
NPM : 170110048
Prodi : Pndidikan Ekonomi
Smester : IV
Alamat : Kopang
Berdasarkan Rumusan masalah, terdapat jawaban
Narasumber, sebagai hasil dari
wawancara, sebagai berikut :
1.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
Konsep Belajar ?
Jawaban :
Pengertin
belajar : aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan
mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau
kemahiran berdasarkan pengalamannya.
Teori
Belajar Deskniptif dan Preskriptif
1) Teori
pembelajaran preskritip adalah lebih menekan pada metode pembelajaran yg
opitimal untuk mencapai tujuan dan pembelaj ran.
2) Teori
belajari deskriftip adalah teori belajar yg lebih menekan kan hasil belajarnya
dan intraksi pendidik dan peserta didik
2.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
Jawaban :
1) Faktor
internal atau faktor dari dalarn diri siswa, yakni keadaan jasrnni dan rohani siswa.
Maksudnya yaitu aspek fisiologis seperti ( jasmani, mata, dan telinga ) dan
aspek psikologis
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
2) Faktor
eksternal atau faktor dari luar siswa, yaitu kondisi lingkungan disekitar
siswa. Yaitu seperti lingkungan sosial ( keluarga, guru, masyarakat, dan ternan
) dan lingkungan non sosial ( rurnah, sekolah, dan alarn ).
3.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban
:
Teori behavioristik adalah perubahan
tingkalah laku peserta didik perkembangan dan tingkah laku dan peserta didik
menjadi yang lebih balk.
4.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
Motivasi belajar ?
Jawaban :
Motivasi belajar adalah
pendorong untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran yang berasal dan dalarn diri
siswa rnaupun dari luar individu siswa ( guru, keluarga ) yng bertujuan
rnembangkitkan
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
5.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
teori belajar kognitivisme ?
Jawaban :
Teori belajar kongitipvisme adalah
menekankan pada proses belajar dan pada hash pada hasil belajar siswa dan
bagaiman simulus dan respon dan siswa itu dng cara berpikir secara berpikir
yang optimal dan siswa tersbut.
6.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
teori belajar konstruktivjsme ?
Jawaban :
Teori belajar konstruktivisme adalah
menekankan pada pengalaman dan peserta didik itu sendiri, teoni mi memokuskan
pada siswa dan guru hanya sebagai pasilitator dan siswa yg mengbangkan apa yg
di dapat dan yg di pelajari.
7.
Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar humanisme?
Jawaban :
Teori humannistik adalah memanusikan
masia, yang saya tangkap dan teoni blajar ml bagaimana cara siswa / peserta
didik itu memahami dininya sendiri dan lingkungan sekitarnya dan teori ml di
tekan kan pada siswa dan guru hanya sebagi pengamat dan membantu peserta didik
saja.
8.
Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep
dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep dasar
pernbelajaran adalah sesuatu yg berhubungan dengan teori, sedangkan teori akan
berkaitan dengan sesuatu hal yang dipandang secara ilmiah. Jika teori berhubungan
degan konsep maka uraian tentang konsep dasar pembelajaran akan tertuju pada
landasan ilrniah pembelajaran.
9.
Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen
pembelajaran ?
Jawaban
:
Komponen-kompnen
pembelajaran
1) Tujuan
pembelajanan
2) Pendidk
3) Peserta
didik
4) Kurikulum
5) Media
pembelajarna
6) Metode
pembelajaran
7) Evaluasi
10.
Apakah yang anda ketahui tentang model
pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah
seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang
dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan
yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar
mengajar.
11.
Apakah yang anda ketahui tentang teori
pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Pembelajaran kontektual adalah biasanya
model ini pembelajran ini evaluasi dari pendidik seperti tanya jawab
(intaraksi) dan lebih menekan pada
pengalaman siswa dan sosialisasi dan siswa.
BAB III
PENUTUP
Konsep
belajar itu sebagaimana yang dilakukan oleh guru maupun siswa untuk menerima
sesuatu yang baru, yang menjadi fakor paling penting dalah faktor intrnal dan
ekstenal, dalam proses blajar maupun pembelajaran tentu harus memiliki motivasi
intrinsik dan ekstrinsik.
Dalam
teri belajar dan pembelajaran seorang pengajar dapat menerapkan beberapateori
yang menjadi dasar dalam proses meberikan didikan terhadapa peserta didik sesui
dengan teori yang ingin diterapkan seprti :
Konsep belajar, factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar,
Motivasi belajar, Teori belajar Behaviorisme,teori belajar konstruktivjsme,
teori belajar kognitivisme, teori belajar humanism, konsep dasar pembelajaran,
komponen-komponen pembelajaran, , model pembelajaran dan pembelajaran
kontekstual tersebut.
Berbagai macam hambatan atau kesulitan
dalam membuat laporan Nyantri ini tentu kami masih banyak kekurangan tertuma
keterbatsan Narasumber diakrenaan
mahasiswa banyak yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, sehingga laporan
ini tidak dapat memenuhi sitematika penulisan atau penyusunan laporan nyatri
ini dengan sepenuhnya.
Kami sangat masih kekurangan sekali
utnuk menerima data yang akurat dari narasumber. Sangat besar harapan kami
semoga dalam penyusunan laporan kedepan akan lebih baik lagi dan sesuai dengan
sistematika yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan.
Dalam
penyusunan laopran ini besar harapan kami untuk di kritik serta diberikan saran
oleh dosen yang sifatnya membangun semangat untuk menjadi penulis yang baik
sehingga dapat menulis laporan magang di tahun-tahun yang akan datang.
DAFTAR PUSATAKA
Tim PengembanganMKD. 2011.Kurikulum
&Pembelajaran. jakarta : Rajawali Pers
DAFTAR INFORMAL
1.
Narasumber 1
Nama
|
Baiq. Nada Iispriyani
|
Status
|
Mahasiswa
|
Prodi
|
Pndidikan Ekonomi
|
Smester
|
VI ( B )
|
NPM
|
16360062
|
Alamat
|
Jenggik, Kecamatan Terara
|
Nama
|
HASTI
|
NPM
|
170110012
|
Sataus
|
Mahasiswa
|
Semester
|
IV
|
Prodi
|
Pendidikan
Ekonomi
|
Alamat
|
Flores
|
2.
Narasumber 2
3.
Narasumber 3
Nama
|
IIN DRIANI
|
Status
|
Mahasiswa
|
NPM
|
170110048
|
Prodi
|
Pndidikan Ekonomi
|
Smester
|
IV
|
Alamat
|
Kopang
|
Komentar
Posting Komentar