LAPORAN
NYANTRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ANTARA TEORI DAN PRAKTEK


Disusun untuk melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat guna menempuh tugas Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ( Nyantri )

Oleh :
HATTA UTAWAN
( 180110019 )


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS HAMZANWADI
2019

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh...
Bismillahirrohmanirrohim...
            Segala puji dan syukur kita haturkan kepada Allah swt., yang telah memeberikan kesehatan bagi kita semua sehingga kita bisa menyelesaikan tugas  laporan Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran dimana mata kuliah ini adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh semua Program Studi Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Hamzanwadi mulai awal semester 2 sebagai syarat ketentuan kelulusan di Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran ( kegiatan Nyatri  ) tersebut.
Belajar dan Pembelajaran ini dilaksanakan dengan teknik wawancara, yang diambil sebagai narasumbernya adalah mahasiswa  Universitas Hamzanwadi, Program Study Ekonomi semester 4 hingga semester 9 sebagai sampel kami. Kegiatan ini dimulai pada awal perkuliahan hingga selesai sampai akhir perkuliahan.
Kedua kalinya tak lupa kita haturkan sholawat serta salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad Saw., yang telah membawa umat manusia kejalah yang benar, sehingga kita bisa merasakan dan mengenyam agama yang hakiki dan aqidah serta akhlak yang terpuji.
 Melalui kegiatan Nyatri ini kita bisa mengetahui sejauh mana pengimplementasian dan pengetahui mahasiswa terhadap teori belajar dan pembelajaran ini, hingga dosen pula kita tau sejauh mana mereka menerapkan teori belajar dan pembelajaran didalam proses perkuliahan berlangsung didalam kelas.
            Dalam penyelsaian penyusunan laporan hasil wawancar ini di Universitas Hamzanwadi, Program Studi Ekonomi, tidak lepas dari bantuan dari berbagai pihak, pada kesempatan ini kami menyapaikan ucapan terimkasih kepada :
1.       Bapak Dr. Fahrurrozi, S.E., M.M selaku dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Hamzanwadi.
2.      Bapak Drs. Agus Riswanto, M.Pd selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Belajar dan Pembeajaran ( Kegiatan Nyantri ) di Semerter 2.
3.      Nama mahasiswa selaku narasumber smester 6
4.      Nama mahasiswa selaku narasumber smester 4
5.      Nama mahasiswa selaku narasumber smester 4
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan wawancara nyantri ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu sangat diharpakan kritik dan saran yang sipatnya membangun untuk menyerpurnakan laporan ini.
Wassalamualakum wrahmatullahi wabrkatuh













DAFTAR ISI
Daftar halaman

 



BAB I

PENDAHULUAN


Dalam dunia era digital 4.0 sekarang ini  dibutuhkan sekali manusia-manusia yang tangguh, yang memiliki kemampuan untuk bersaing. Manusia-manusia seperti ini dilahirkan dari orang-orang yang bermotivasi tinggi. Kesulitan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah bagaimana akan mencetak manusia-manusia yang bermotivasi tinggi bila sebagian besar pusat pendidikan di Indonesia menggunakan gaya belajar yang mengikat peserta didik, dengan menyajikan informasi-informasi final yang seolah-olah sudah tidak dapat diubah lagi, peserta didik hanya menghafal informasi-informasi yang diberikan.
Tidak sering sekali pendidikan Indonesia sekarang ini ada yang menguasai bagaiaman teori-teori Belajar dan Pembelajaran yang harus di kusai, sehingga dapat mengajar dengan baik sesoi kemampuan masing-masing.
Sistem pembelajaran diruang kelas seringkali membuat peserta didik merasa jemu dan bosan, pada saat akan menghadapi ujian peserta didik akan merasa tertekan, tegang, bahkan menjadi lupa terhadap apa yang telah mereka pelajari. Tolak ukur tingkat keberhasilan peserta didik biasanya bagaimana seorang peserta didik itu mendapatkan nilai yang baik. Padahal sesusungguhnya yang dibutuhkan adalah kesadaran akan pentingnya belajar itu sendiri. Kesadaran belajar inilah yang akan menciptakan efektifitas belajar yang maksimal.
Begitu pula yang terjadi dalam proses pembelajaran di pergurun tinggi. Terkadang peserta didik tidak siap untuk belajar sehingga efektifitas pembelajaran tidak tercapai. Evektifitas belajar sangat ditentukan oleh lingkungan belajar yang dibangun dalam suatu proses pembelajaran, dimana lingkungan sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang berada dalam lingkungan belajar itu sendiri, dalam hal ini peserta didik. Kesadaran akan belajar harus dimulai dari kesiapan otak untuk memulai belajar dari mahasiswa tersendiri.
Belajar akan terjadi bila otak siap untuk belajar. Semua tindakan belajar dipengaruhi oleh otak. Bila kondisi otak tidak siap untuk belajar, maka proses belajar tidak akan terjadi. Oleh sebab itu teori mengenai kemampuan otak menjadi sangat popular di masa sekarang. Oleh sebab itulah melalaui wawancara nyantri ini menkaji bagaimana teori-teori Belajar dan Pembelajaran yang dilaksanakan di  Program Study Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi di Tahun 2019 ini sudah terlaksanakan atau belum.
Berdasarkan latar belakang di atas kita dapat mengindentifikasi permasalahan sebagai berikut :
1.      Mahasiswa tidak dapat berfocus dalam belajar
2.      Kesiapan siswa dan mahasiswa masih kurang dalam kemampuan otak
3.      Keterlalaian seorang pendidik dalam memngajarkan teori belajar dan pembelajaran  secara maksimal
4.      Belajar yang tidak efektif dalam poses pembelajaran
Laporan Nyantri ini difocuskan pada Teori Belajar dan Pembelajaran Mahasiswa semester 4, 6 dan 8 yang sudah menempuh Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran di Program Study Ekonimi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi.
Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dikaji dalam laporan nyantri ini adalah bagaimana pemahanam mahasiswa  atau pengeksplorasian konsep dalam teori-teori belajar dan pemebelajaran sebagai berikut :
1.      Aapkah yang anda ketahui tentang teori Konsep Belajar ?
2.       Apakah yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
3.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
4.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Teori belajar Behaviorisme ?
5.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar konstruktivisme ?
6.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar kognitivisme ?
7.      Apakah yang anda ketahui tentang teori  teori belajar humanisme ?
8.      Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep dasar pembelajaran ?
9.      Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen pembelajaran ?
10.  Apakah yang anda ketahui tentang model pembelajaran ?
11.  Apakah yang anda ketahui tentang teori pembelajaran kontekstual ?

Berdasarkan rumusan masalah, laporan ini memiliki tujuan, sebagai berikut :
1.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori Konsep Belajar
2.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar
3.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori Motivasi belajar
4.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori belajar Behaviorisme
5.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori belajar konstruktivjsme
6.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori belajar kognitivisme
7.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori belajar humanisme
8.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori konsep dasar pembelajaran
9.      Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori komponen-komponen pembelajaran
10.  Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori model pembelajaran
11.  Mengetahui bagaimana pemahaman tentang teori pembelajaran kontekstual
Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari hasil wawancara ini adalah:
1.      Laoran nyantri  ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam pemahaman teori belajar dan pembelajaran bagi mahasiswa semester IV,VI, dan VIII  Program Studi Ekonomi
2.      Penerapan teori belajar dan pembelajran bagi mahasiswa semester IV,VI, dan VII  untuk diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
3.      Dapat menjadi masukan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.















BAB II

PEMBAHASAN


Nama         : Baiq. Nada Iispriyani
Status        : Mahasiswa
Prodi         : Pndidikan Ekonomi
Smester     : VI ( B )
NPM         :16360062
Alamat      : Jenggik, Kecamatan Terara
Berdasarkan Rumusan masalah, terdapat jawaban Narasumber, sebagai  hasil dari wawancara,  sebagai berikut :
1.      Aapakah yang anda ketahui tentang teori Konsep Belajar ?
Jawaban :
Konsep belajar adalah suatu proses perubahan kernampuan yang dicapai seseorang rnelalui aktivitas. Bisa dikatakan belajar adalah suatu perubahan perilaku yang bersifat perrnanen sebagai hasil dari pengalaman, rnisalnya mengarnati membaca rneniru mencoba sesuatu dsb

2.      Apakah yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
Jawaban :
      Ada beberapa faktor :
1)      Faktor internal atau faktor dari dalarn diri siswa, yakni keadaan jasrnni dan rohani siswa. Maksudnya yaitu aspek fisiologis seperti ( jasmani, mata, dan telinga ) dan aspek psikologis
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
2)      Faktor eksternal atau faktor dari luar siswa, yaitu kondisi lingkungan disekitar siswa. Yaitu seperti lingkungan sosial ( keluarga, guru, masyarakat, dan ternan ) dan lingkungan non sosial ( rurnah, sekolah, dan alarn ).
3)      Faktor pendekatan belajar, yakni jenis upaya siswa yang rneliputi startegi dan metode yang digunakan siswa untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran rnateri-materi pelajaran.
3.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
Jawaban :
Motivasi belajar adalah pendorong untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran yang berasal dan dalarn diri siswa rnaupun dari luar individu siswa ( guru, keluarga ) yng bertujuan rnembangkitkan
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
4.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban :
Teori belajar behaviorisrne adalah sebuah teori tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dan pengalaman. Behaviorisme didasarkan pada perubahan tingkah laku yang dapat diarnati. Yang dirnana aliran ini berusaha mencoba rnenerangkan dalam pernbelajaran bagaimana ingkungan berpengaruh terhadap perubahan tingkah laku.
5.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar konstruktivisme ?
Jawaban :
Teori belajar kontruktivisme adalah proses untuk rnembangun pengetahuan melalui pengalaman nyata dari  lapangan. Artinya siswa akan cepat rnerniliki pengetahuan jika pengetahuan itu dibangun atas dasar realitas yang ada di  rnasyarakat.
6.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar kognitivisme ?
Jawaban :
Teori belajar kognitivisrne adalah teori belajar yang lebih rnernentingkan proses belajar itu sendiri. Belajar tidak hanya rnelibatkan stirnulus dan respon, lebih dan itu belajar rnelibatkan proses berfikir yg sangat kompleks.
7.      Apakah yang anda ketahui tentang teori  teori belajar humanisme ?
Jawaban :
Teori belajar hurnanisme adalah proses belajar yang dirnulai dan ditujukan untuk kepentingan mernanusiakan rnanusia itu sendiri. Teori mi sifatnya lebih abstrak dan berkaitan dengan teori kepribadian dan 7``psikoterapi. Dalam teori mi proses belajar harus berhulu dan bermuara pada manusia itu sndiri. Teori mi juga berpendapat bahwa teori belajar
manapun dapat dimanfaatkan asalkan tujuan nya yaitu untuk mernanusiakan manusia.
8.      Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep dasar pernbelajaran adalah sesuatu yg berhubungan dengan teori, sedangkan teori akan berkaitan dengan sesuatu hal yang dipandang secara ilmiah. Jika teori berhubungan degan konsep maka uraian tentang konsep dasar pembelajaran akan tertuju pada landasan ilrniah pembelajaran.
9.      Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen pembelajaran ?
Jawaban :
Kornponen-komponen pembelajaran yaitu:
1)      Tujuan pembelajaran
2)      Pendidik
3)      Peserta didik
4)      Kurikulurn atau materi
5)      Startegi atau metode
6)      Media atau alat pembelajaran
7)      Evaluasi
10.  Apakah yang anda ketahui tentang model pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar mengajar.
11.  Apakah yang anda ketahui tentang teori pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Teori Kontekstual adalah suatu konsep belajar yg membantu guru mengaitkan antara materi yg diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yg dim ilikinya dengan penerapan yg dilakukan mreka sehari-hari.

Nama                     : HASTI
NPM                     : 170110012
Sataus                    : Mahasiswa
Semester                : IV
Prodi                     : Pendidikan Ekonomi
Alamat                  : Flores
Berdasarkan Rumusan masalah, terdapat jawaban Narasumber, sebagai  hasil dari wawancara,  sebagai berikut :

1.      Aapkah yang anda ketahui tentang teori Konsep Belajar ?
Jawaban :
konsep belajar teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat cara-cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan di laksanakan di kelas maupun di luar kelas.
2.      Apakah yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
Jawaban :
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, sebagai beikut :
1)      Faktor lingkungan dan tempat tinggal
2)      Keadaan jasmani (kondisis fisikologis) kondisi fisikologis anak sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar seseorang
3)      Keadaan mental
4)      Minat
5)      Motivasi
6)      Kemampuan kognitif
3.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
Jawaban :
Motivasi belajar adalah suatu yang mendorong siswa untuk belajar atau menguasai materi pelajaran yang sedang di ikutinya agar tujuan yang dikehendaki itu bisa tercapal, motivasi itu ada  2, sebagai berikut :
1)      Motivasi instrinsik, motivasi yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan rangsangan dan luar karena dalam dirinya individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.
2)      Motivasi ekstrinsik, adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya rangsangan dan luar.
4.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban :
 Teori belajar behaviorisme adalah teori perkembangan perilaku yang dapat di ukur, diamati, dan dihasilkan oleh respon belajar terhadap rangsangan dan penerapannya ke dalam belajar dan pembelajaran adalah pendidik memberikan stimulus kepada peserta didik, agar peserta didik memberikan respon yang di harapkan oleh pendidik, dlln.
5.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar konstruktivisme ?
Jawaban :
Teori belajar konstruktivisme adalah ide bahwa siawa harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain, dan apabila dikehendaki, informasi iti menjadi milik mereka sendiri. dalam proses pembelajaran, siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif dalam proses belajar dan mengajar.
6.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar kognitivisme ?
Jawaban :
Teori kognitivisme adalah teori yang lebih mementingkan proses belajar dan pada hasil belajar itu sendiri.
Penerapannya :
1)      Memusatkan perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak, tidak sekedar pada hasilnya.
2)      Mengutamakan peran siswa dalam berinteraksi sendiri dan keterlibatan aktif dalam belajar.
3)      memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan.
4)      Mengutamakan peran siswa untuk saling berinteraksi, bertukar ide untuk perkembangan pebalarjaran.
7.      Apakah yang anda ketahui tentang teori  teori belajar humanisme ?
Jawaban :
Teori humanisme adalah suatu teori dalam pembelajaran yang mengedepankan bagaimana memanusiakan manusia serta peserta didik mampu mengedepankan potensi dirinya.
Penarapannya :
1)      mendorong peserta didik untuk mengembangkan kesanggupam peserta didik untuk belajar atas inisiatif sendiri
2)      Mendorong peserta didik untuk peka berpikir kritis
3)      Memberikan kesempatan murid untuk maju sesuai dengan kecerdasanny
8.      Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep pembelajaran upaya untuk mempelajarkan seseorang atau kelompom orang melalui berbagai upaya dan berbagai starategi, metode, pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan.
9.       Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen pembelajaran ?
Jawaban :
Komponen - komponen pembelajaran
1)      Tujuan pembelajaran
2)      Pendidik
3)      Peserta didik
4)      Kurikulum
5)      Materi
6)      Strategi atau metode
7)      Media atau alat pembelajaran
8)      Evaluasi
10.  Apakah yang anda ketahui tentang model pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar mengajar.
11.  Apakah yang anda ketahui tentang teori pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan – nya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari yang berkaitan, dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya, dan budayanya.
Nama         : IIN DRIANI
Status        : Mahasiswa
NPM         : 170110048
Prodi         : Pndidikan Ekonomi
Smester     : IV
Alamat      : Kopang

Berdasarkan Rumusan masalah, terdapat jawaban Narasumber, sebagai  hasil dari wawancara,  sebagai berikut :

1.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Konsep Belajar ?
Jawaban :
Pengertin belajar : aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan pengalamannya.
Teori Belajar Deskniptif dan Preskriptif
1)      Teori pembelajaran preskritip adalah lebih menekan pada metode pembelajaran yg opitimal untuk mencapai tujuan dan pembelaj ran.
2)      Teori belajari deskriftip adalah teori belajar yg lebih menekan kan hasil belajarnya dan intraksi pendidik dan peserta didik
2.      Apakah yang anda ketahui tentang teori factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar ?
Jawaban :
1)      Faktor internal atau faktor dari dalarn diri siswa, yakni keadaan jasrnni dan rohani siswa. Maksudnya yaitu aspek fisiologis seperti ( jasmani, mata, dan telinga ) dan aspek psikologis
( intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, rninat siswa dan rnotivasi siswa).
2)      Faktor eksternal atau faktor dari luar siswa, yaitu kondisi lingkungan disekitar siswa. Yaitu seperti lingkungan sosial ( keluarga, guru, masyarakat, dan ternan ) dan lingkungan non sosial ( rurnah, sekolah, dan alarn ).
3.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Teori belajar Behaviorisme ?
Jawaban :
Teori behavioristik adalah perubahan tingkalah laku peserta didik perkembangan dan tingkah laku dan peserta didik menjadi yang lebih balk.
4.      Apakah yang anda ketahui tentang teori Motivasi belajar ?
Jawaban :
Motivasi belajar adalah pendorong untuk rnelakukan kegiatan pernbelajaran yang berasal dan dalarn diri siswa rnaupun dari luar individu siswa ( guru, keluarga ) yng bertujuan rnembangkitkan
rneningkatkan dan rnemelihara semangat siswa.
5.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar kognitivisme ?
Jawaban :
Teori belajar kongitipvisme adalah menekankan pada proses belajar dan pada hash pada hasil belajar siswa dan bagaiman simulus dan respon dan siswa itu dng cara berpikir secara berpikir yang optimal dan siswa tersbut.
6.      Apakah yang anda ketahui tentang teori teori belajar konstruktivjsme ?
Jawaban :
Teori belajar konstruktivisme adalah menekankan pada pengalaman dan peserta didik itu sendiri, teoni mi memokuskan pada siswa dan guru hanya sebagai pasilitator dan siswa yg mengbangkan apa yg di dapat dan yg di pelajari.
7.      Apakah yang anda ketahui tentang teori  teori belajar humanisme?
Jawaban :
Teori humannistik adalah memanusikan masia, yang saya tangkap dan teoni blajar ml bagaimana cara siswa / peserta didik itu memahami dininya sendiri dan lingkungan sekitarnya dan teori ml di tekan kan pada siswa dan guru hanya sebagi pengamat dan membantu peserta didik saja.
8.      Apakah yang anda ketahui tentang teori konsep dasar pembelajaran ?
Jawaban :
Konsep dasar pernbelajaran adalah sesuatu yg berhubungan dengan teori, sedangkan teori akan berkaitan dengan sesuatu hal yang dipandang secara ilmiah. Jika teori berhubungan degan konsep maka uraian tentang konsep dasar pembelajaran akan tertuju pada landasan ilrniah pembelajaran.
9.      Apakah yang anda ketahui tentang komponen-komponen pembelajaran ?
Jawaban :
Komponen-kompnen pembelajaran
1)      Tujuan pembelajanan
2)      Pendidk
3)      Peserta didik
4)      Kurikulum
5)      Media pembelajarna
6)      Metode pembelajaran
7)      Evaluasi
10.  Apakah yang anda ketahui tentang model pembelajaran ?
Jawaban :
Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian rnateri ajar yang rneliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yg dilakukan guru serta segala fasilitas yg terkaitan yang digunakan secara langsung rnaupun tidak langsung dalarang proses belajar mengajar.

11.  Apakah yang anda ketahui tentang teori pembelajaran kontekstual ?
Jawaban :
Pembelajaran kontektual adalah biasanya model ini pembelajran ini evaluasi dari pendidik seperti tanya jawab (intaraksi) dan lebih menekan pada  pengalaman siswa dan sosialisasi dan siswa.
















BAB III

PENUTUP

Konsep belajar itu sebagaimana yang dilakukan oleh guru maupun siswa untuk menerima sesuatu yang baru, yang menjadi fakor paling penting dalah faktor intrnal dan ekstenal, dalam proses blajar maupun pembelajaran tentu harus memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Dalam teri belajar dan pembelajaran seorang pengajar dapat menerapkan beberapateori yang menjadi dasar dalam proses meberikan didikan terhadapa peserta didik sesui dengan teori yang ingin diterapkan seprti :  Konsep belajar, factor-faktor yg mempengaruhi proses dan hasil belajar, Motivasi belajar, Teori belajar Behaviorisme,teori belajar konstruktivjsme, teori belajar kognitivisme, teori belajar humanism, konsep dasar pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, , model pembelajaran dan pembelajaran kontekstual tersebut.
Berbagai macam hambatan atau kesulitan dalam membuat laporan Nyantri ini tentu kami masih banyak kekurangan tertuma keterbatsan Narasumber  diakrenaan mahasiswa banyak yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, sehingga laporan ini tidak dapat memenuhi sitematika penulisan atau penyusunan laporan nyatri ini dengan sepenuhnya.
Kami sangat masih kekurangan sekali utnuk menerima data yang akurat dari narasumber. Sangat besar harapan kami semoga dalam penyusunan laporan kedepan akan lebih baik lagi dan sesuai dengan sistematika yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan.
 Dalam penyusunan laopran ini besar harapan kami untuk di kritik serta diberikan saran oleh dosen yang sifatnya membangun semangat untuk menjadi penulis yang baik sehingga dapat menulis laporan magang di tahun-tahun yang akan datang.




























DAFTAR PUSATAKA

Tim PengembanganMKD. 2011.Kurikulum &Pembelajaran. jakarta : Rajawali Pers



















DAFTAR INFORMAL

1.      Narasumber 1
Nama
Baiq. Nada Iispriyani
Status
 Mahasiswa
Prodi
Pndidikan Ekonomi
Smester
VI ( B )
NPM
16360062
Alamat
Jenggik, Kecamatan Terara

Nama
HASTI
NPM
170110012
Sataus
Mahasiswa
Semester
IV
Prodi
Pendidikan Ekonomi
Alamat
Flores
2.      Narasumber 2





3.      Narasumber 3
Nama
IIN DRIANI
Status
Mahasiswa
NPM
170110048
Prodi
Pndidikan Ekonomi
Smester
IV
Alamat
Kopang








Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA DAN KEPROFESIONALAN PEMIMPIN